Selasa, 22 Januari 2013

Manfaat daun sirih untuk mata dan kesehatan

Manfaat daun sirih - Daun sirih merupakan salah satu jenis daun yang memiliki banyak manfaat dan membuat tanaman ini lebih dikenal sebagai salah satu tanaman dengan seribu manfaat. Daun sirih dalam bahasa Latin sering disebut sebagai Piper betle L. / Chavica aurculata Miq adalah salah satu jenis tanaman yang sangat populer dan spesies tanaman asli dari Negara Indonesia. Jenis daun sirih itu sendiri ternyata memiliki beberapa macam, yaitu: daun Java Sirih, Daun Sirih Cengkeh, ada juga bernama Sirih Daun Belanda, daun Hitam, Kuning dan sirih sirih.

Jika manfaat daun sirih yang begitu banyak, maka zat yang terkandung dalam setiap bagian dari daun sirih ini tentu saja juga sangat banyak. Beberapa zat yang terkandung dalam daun sirih, antara lain: kandungan minyak atsiri, propana fenil substansi, ada juga estragol substansi, juga mengandung kavicol, hidroksikavicol, juga berisi kavibetol substansi, caryophyllene, allylpyrokatekol, dan substansi cyneole, zat juga cadinene, tanin substansi, diastase, kadar pati yang cukup, terpennena, ada juga zat seskuiterpen, dan bahkan gula.

Daun sirih juga terkenal sifat yang dapat menguatkan gigi dan menjaga kesehatan gigi, dan tentu saja manfaat kesehatan bagi daun sirih juga masih banyak

Manfaat daun sirih untuk mata dan Daun sirih untuk manfaat kesehatan sebenarnya bisa diperoleh dengan resep praktis sebagai berikut:

- Daun sirih memiliki sifat obat serta menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi. Menyediakan daun sirih yang masih segar, lalu bilas hingga bersih, lalu kunyah tandu sirih selama beberapa menit. Lakukan ini jenis terapi selama 2-3 kali sehari. Tapi jika Anda merasa Anda tidak tahan bau dan rasa saat mengunyah daun sirih, maka Anda dapat menggunakan air yang dihasilkan dari rebusan daun sirih untuk berkumur Anda gunakan setiap kali Anda selesai makan.

- Daun sirih juga berguna untuk obat batuk. Jika Anda atau keluarga Anda memiliki batuk, cobalah untuk menyediakan 5 lembar daun sirih segar, cengkeh juga 11 biji, 11 biji juga menyediakan kemukus, dan 11 biji kapulaga, kayu manis dan juga menyediakan ukuran jari. Kemudian mencuci semua bahan sampai benar-benar bersih dan direbus dengan 2 gelas air. Selanjutnya tunggu sampai air tersisa 2 gelas 1,5 gelas saja. Disaring air dan diminum 3 kali sehari.

- Daun sirih juga sangat efektif untuk mengobati keputihan. Yang paling terkenal manfaat daun sirih adalah sifat yang dapat mencegah atau bahkan mengobati keputihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar